SOTO MADURA HOMESICK

Waktu memasak: 120 menit
Porsi: 8 orang

Bahan-bahan

secukupnya Beras Putih
2 kg Ayam
8 siung Bawang Putih
10 siung Bawang Merah
6 buah Kemiri
4 cm Kunyit
2 cm Jahe
2 batang Serai
secukupnya Merica (Lada) Bubuk
secukupnya Garam
secukupnya Gula Bubuk
secukupnya Minyak Goreng
8 batang Daun Bawang
secukupnya Cabai (Cabe) Rawit Merah
1 bungkus Bihun Beras
secukupnya Penyedap Rasa (MSG)
1 buah Kecap Manis

Langkah Memasak

1. Beras dcuci mas bro, trus tiriskan smpe kering ya! Sipp! Btw, ni Pak Imam, roommate gw d dormitory 14. Narsis dikit 😀

SOTO MADURA HOMESICK Step 1

2. Siapkan plastik sekiloan n isi plastik dengan beras yg dah dcuci n kering tadi. Isi plastik dengan beras sepertiganya (Ilustrasi di atas lontong dah jadinya). Jangan mpe full ngisinya, sepertiganya aja. Trus loe tutup bgian atasnya dg lilin. Di-seal gt.

SOTO MADURA HOMESICK Step 2

3. Sebelum loe cemplungin ke Rice cooker yg dah terisi air mendidih. Loe pastiin kantung2 beras td dilubang2in. Ditusuk2 gt, gw pake Lidi :D. Kalo udah baru satu atau dua kantung loe masukin ke dalam Rice cooker berisi air n rebus mpe masak.

SOTO MADURA HOMESICK Step 3

4. Tandanya lontong dah masak itu kalo udah padet banget kaya foto di atas itu mas bro. Angkat dr rice cooker n tiriskan. Tunggu smpe dingin biar bner2 padet ok!! 😉

SOTO MADURA HOMESICK Step 4

5. Berarti Lontong dah beres ya! Skr, tinggal kuah soto dll. The tricky part masak bgian ini: Gmna caranya smua dmasak pke ricecooker. Dr bikin lontong, goreng sambel n kuahny pke ricecooker. Ok, Bihun loe rendam di air smpe layu mas bro. Klo layu, tiriskan.

SOTO MADURA HOMESICK Step 5

6. Ayam dan hati ayam Setelah dcuci bersih, loe rebus mpe masak n kaldunya dipake buat kuah soto.

SOTO MADURA HOMESICK Step 6

7. Ni dua org ganteng asiten koki gw, wkwkkw.. Ayam yg dah masak disuir-suir mas bro. Ati ayam dipotong dadu ya! Kaldu bekas rebusan ayam tadi jangan dibuang mas bro! Ntu dpake buat kuahnya ntar ok!

SOTO MADURA HOMESICK Step 7

8. Setelah selesai acara suir-menyuirnya 😛 bawang putih, bawang merah, kunyit bakar, merica, kemiri sangrai n jahe yg smua dah dihaluskan, loe tumis bareng serai yg diremukkan ya mpe layu n harum.

SOTO MADURA HOMESICK Step 8

9. Kalo dah harum, loe masukin ke kaldu sisa rebusan ayam tadi, kalo airnya kurang,,ditambahin secukupnya. Masukin juga garam, gula scukupnya plus penyedap rasa. Penyedap rasa macam royco/masako biasanya ada di Supermarket bagian bumbu2 Asia.

SOTO MADURA HOMESICK Step 9

10. Setelah mendidih,,,berarti dah siap diserbu mas bro. 😀 Itu yg di tengah gw 😀 Btw, tips klo goreng bawang merah ataupun menumis bumbu pke rice cooker prinsipnya sama dg kompor listrik, cm kalo ricecooker krn bumbu ringan jd panci ricecooker dberi penekan

SOTO MADURA HOMESICK Step 10

11. Ini roommates gw jg kebagian. Hehee 😀

SOTO MADURA HOMESICK Step 11

12. Oh ya, ada yg lupa. Klo bingung ngulek cabe buat sambel. Gini caranya 😀

SOTO MADURA HOMESICK Step 12

Related Post to SOTO MADURA HOMESICK