Soto Betawi

Waktu memasak: 60 menit
Porsi: 5 orang

Bahan-bahan

Bahan Utama:
250 gram daging sapi, potong dadu
Bumbu Halus:
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm jahe
Sedikit pala
1/2 sdt ketumbar
2 buah kemiri
Bumbu Lain:
100 mL santan
2 batang serai, geprek
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 cm lengkuas, geprek
1 butir cengkeh
Secukupnya garam, gula, lada
Bahan Pelengkap:
1 buah tomat, iris memanjang
1 batang seledri, iris halus
Bahan Sambel:
4 buah cabe rawit orange
1 siung bawang putih
Bahan bawang goreng:
4 siung bawang merah

Langkah Memasak

1. Daging yang aku pake di sini udah seharian disimpen pake parutan nanas, biar empuk. Jadi pas mau bikin ini tadi tinggal nyuci dari parutan nanas trs dipotong dadu. Rebus dalam 700 mL air bareng sama serai, cengkeh, dan lengkuas. Kalo aku sebagian irisan seledri juga dimasukin biar baunya enak

2. Uleg/blender bumbu halus. Btw karena ada ketumbar sama pala, tetep aja harus nguleg. Kalo aku bawang2 sama jahenya diblender trs abis itu dicampur / diuleg lagi bareng ketumbar kemiri sama pala.

3. Tumis bumbu halus dalam minyak panas. Masukkan bumbu lain seperti daun salam dan daun jeruk. Tumis sampai harum dan bau bumbu mentah hilang.

4. Masukkan tumisan bumbu halus ke air dan rebusan daging. Tambah garam, gula, dan lada secukupnya. Aduk rata.

5. Masukkan santan dan langsung aduk-aduk. Diamkan dulu sampai mendidih

6. Sambil menunggu mendidih, buat bawang goreng. Iris tipis 4 siung bawang merah lalu goreng sampai kering.

7. Kalo udah mendidih, masukkan irisan tomat dan bawang goreng. Aduk sebentar. Diamkan sebentar supaya bumbu meresap ke daging dan juga supaya daging lebih empuk

8. Sambil menunggu matang, buat sambelnya. Rebus cabe dan bawang putih. Tunggu sampai +/- 10 menit setelah mendidih. Tiriskan, lalu uleg.

9. Selesai bikin sambel, cek sotonya. Kalo dirasa udah pas dan udah empuk dagingnya, matikan kompor. Soto siap disajikan. NB: pelengkap soto betawi ini harusnya emping melinjo. Tapi di sini aku ngga pake, males beli :p